#SIP CBIS (COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM) DAN EVOLUSINYA
CBIS (COMPUTER BASED
INFORMATION SYSTEM) DAN EVOLUSINYA
A. CBIS
(COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM)

Laudon
& Laudon (2007) CBIS adalah sistem informasi berbasis komputer yang dapat digunakan
untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan perangkat keras dan
lunak computer yang disebarkan melalui jaringannya.
Fatta
(2007) computer based information system (CBIS) sebenarnya merujuk pada sistem
informasi yang dikembangkan dengan berbasis teknologi komputer.
Dapat
disumpulkan bahwa CBIS adalah system informasi berbasis computer yang merujuk
pada system informasi pemerosesan yang mengandalkan computer.
B. EVOLUSI
CBIS

1.
EDP (Electronic Data Processing)
Pemrosesan
data elektronik (EDP) adalah metode dalam suatu pemrosesan data komersial.
Sebagai bagian dari teknologi informasi, EDP melakukan pemrosesan data secara
berulang kali terhadap data yang sejenis dengan bentuk pemrosesan yang relatif
sederhana.
Selain
itu EDP secara umum diartikan sebagai pengguna metode automatis dalam
pengolahan data komersil. Biasanya EDP ini relatif simple, aktivitas yang
berulang untuk memproses informasi dalam jumlah yang besar (Ukar, 2006)
2.
SIM (System Information Management)

Gaol
(2008) menjelaskan bahwa SIM bertanggung jawab dalam menyediakan informasi
untuk seluruh manajer perusahaan dalam bentuk laporan berkala, laporan khusus,
dan keluaran bentuk matematika. Para manajer di semua wilayah fungsi dapat
menerima keluaran ini, yang sebagian besar dihasilkan dari gabungan data SIA
yang ada.
3.
Otomatisasi Kantor
McLeod
& Schell (2008) menyebutkan bahwa otomatisasi kantor adalah penerapan
otomatisasi, seperti teknologi komputer, pada pekerjaan kantor. Otomatisasi
kantor dapat dilacak kembali hingga awal tahun 1960-an, ketika IBM
memperkenalkan istilah pengolahan kata untuk menyatakan suatu konsep yang
menyatakan bahwa kebanyakan aktivitas kantor dipusatkan pada pengolahan kata-kata.
4.
Expert System
Fatta
(2007) menjelaskan bahwa ES merupakan representasi pengetahuan yang
menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah. ES lebih
berpusat pada bagaimana mengodekan dan memanipulasi pengetahuan dari informasi.
Sistem
kerja ES sebagai berikut:
·
Pengguna berkomunikasi dengan sistem
menggunakan dialog interaktif.
·
ES menanyakan pertanyaan (yang akan
ditanyakan seorang pakar) dan pengguna memberikan jawaban.
·
Jawaban digunakan untuk menentukan
aturan mana yang dipakai dan ES sistem menyediakan rekomendasi
berdasarkan aturan yang telah disimpan.
·
Seorang knowledge engineer bertanggung
jawab pada bagaimana melakukan akuisisi pengetahuan, sama seperti seorang
analis tetapi dilatih untuk menggunakan teknik yang berbeda.

DAFTAR
REFERENSI
Fatta,
H. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan
bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi
Gaol, C. J. L. (2008). Sistem informasi
manajemen. Jakarta: Grasindo
Laudon, K. C., Laudon, J. P. Sistem informasi
manajemen. Jakarta: Salemba Empat
McLeod, R., Schell, G. P. (2008). Sistem
informasi manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Ukar, K. (2006). Pengenalan computer. Jakarta: PT.
Elex Komputindo.