Kamis, 11 Oktober 2018


CBIS (COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM) DAN EVOLUSINYA


A.    CBIS (COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM)

Hasil gambar untuk cbis

Laudon & Laudon (2007) CBIS adalah sistem informasi berbasis komputer yang dapat digunakan untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan perangkat keras dan lunak computer yang disebarkan melalui jaringannya.

Fatta (2007) computer based information system (CBIS) sebenarnya merujuk pada sistem informasi yang dikembangkan dengan  berbasis teknologi komputer.

Dapat disumpulkan bahwa CBIS adalah system informasi berbasis computer yang merujuk pada system informasi pemerosesan yang mengandalkan computer.


B.     EVOLUSI CBIS

Hasil gambar untuk EVOLUSI CBIS

     1.      EDP (Electronic Data Processing)
   
Pemrosesan data elektronik (EDP) adalah metode dalam suatu pemrosesan data komersial. Sebagai bagian dari teknologi informasi, EDP melakukan pemrosesan data secara berulang kali terhadap data yang sejenis dengan bentuk pemrosesan yang relatif sederhana.
Selain itu EDP secara umum diartikan sebagai pengguna metode automatis dalam pengolahan data komersil. Biasanya EDP ini relatif simple, aktivitas yang berulang untuk memproses informasi dalam jumlah yang besar (Ukar, 2006)

      2.      SIM (System Information Management)

     Hasil gambar untuk SIM (System Information Management)

Gaol (2008) menjelaskan bahwa SIM bertanggung jawab dalam menyediakan informasi untuk seluruh manajer perusahaan dalam bentuk laporan berkala, laporan khusus, dan keluaran bentuk matematika. Para manajer di semua wilayah fungsi dapat menerima keluaran ini, yang sebagian besar dihasilkan dari gabungan data SIA yang ada.

     3.      Otomatisasi Kantor

McLeod & Schell (2008) menyebutkan bahwa otomatisasi kantor adalah penerapan otomatisasi, seperti teknologi komputer, pada pekerjaan kantor. Otomatisasi kantor dapat dilacak kembali hingga awal tahun 1960-an, ketika IBM memperkenalkan istilah pengolahan kata untuk menyatakan suatu konsep yang menyatakan bahwa kebanyakan aktivitas kantor dipusatkan pada pengolahan kata-kata.

      4.      Expert System

Fatta (2007) menjelaskan bahwa ES merupakan representasi pengetahuan yang menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah. ES lebih berpusat pada bagaimana mengodekan dan memanipulasi pengetahuan dari informasi.
Sistem  kerja ES sebagai berikut:
·         Pengguna berkomunikasi dengan sistem menggunakan dialog interaktif.
·         ES menanyakan pertanyaan (yang akan ditanyakan seorang pakar) dan pengguna memberikan jawaban.
·         Jawaban digunakan untuk menentukan aturan mana yang dipakai dan ES sistem  menyediakan rekomendasi berdasarkan aturan yang telah disimpan.
·         Seorang knowledge engineer bertanggung jawab pada bagaimana melakukan akuisisi pengetahuan, sama seperti seorang analis tetapi dilatih untuk menggunakan teknik yang berbeda.



Hasil gambar untuk bacround

DAFTAR REFERENSI

Fatta, H. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi
Gaol, C. J. L. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Grasindo
Laudon, K. C., Laudon, J. P. Sistem informasi manajemen. Jakarta: Salemba Empat
McLeod, R., Schell, G. P. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Ukar, K. (2006). Pengenalan computer. Jakarta: PT. Elex Komputindo.


zahara blog's . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates