#SIP SIM DAN SPK
#SIP SIM & SPK
1. #SIP Pengertian SIM (system informasi Manajemen)
Manajemen
sendiri mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengarahan,
dan lain-lain, dalam suatu organisasi. Sedangkan, informasi dalam satu
organisasi adalah data yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki nilai dan
arti bagi organisasi.
Sistem
informasi manajemen adalah serangkaian sub-sistem informasi secara keseluruhan
yang terintegrasi rasional dan terpadu serta dapat mengubah data yang tersedia
menjadi informasi melalui suatu proses/metode yang digunakan untuk peningkatan
produktivitas yang cocok dengan gaya kepemimpinan manajer berdasarkan kriteria kualitas yang ditentukan.
Menurutnya
sistem informasi manajemen adalah sistem yang terstruktur dan dipakai dalam
pengelolaan data berbasis komputer. Pada proses pengelolaan di dalam sistem
informasi manajemen terdapat berbagai fungsi yang diperlukan seperti pencarian,
pemutakhiran, presentasi data, dan fungsi penyimpanan data.
Jadi
dapat disimpulkan bahwa system informasi manajemen adalah serangkaian
sub-sistem informasi secara keseluruhan yang terintegrasi rasional dan terpadu
serta dapat mengubah data yang tersedia menjadi informasi melalui suatu proses yang
terstruktur dan dipakai dalam pengelolaan data berbasis computer.
2. #SIP Pengertian SPK (Sistem Pendukung Keputusan)
Sistem
Pendukung Keputusan (SPK) atau Decision Support System (DSS) adalah sebuah
sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan
pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak
terstruktur. Sistem ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam
situasi semi terstruktur dan situasi yang tidak terstruktur, dimana tak
seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.
Sistem
Pendukung Keputusan (SPK) adalah bagian dari sistem informasi
berbasis komputer termasuk sistem berbasis pengetahuan atau manajemen
pengetahuan yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu
organisasi atau perusahaan. Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang
mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan
dari masalah semi terstruktur yang spesifik.
Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat digambarkan sebagai
sistem yang berkemampuan mendukung analisis adhoc data, pemodelan keputusan,
berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan yang digunakan pada
saat-saat yang tidak biasa. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) juga merupakan
penggabungan sumber-sumber kecerdasan individu dengan kemampuan komponen untuk
memperbaiki kualitas keputusan dan menjadi sistem informasi berbasis komputer
untuk manajemen pengambilan keputusan yang menangani masalah-masalah semi
struktur.
Dengan pengertian diatas, dapat diambil suatu kesimpulan
bahwa Sistem Pendukung Keputusan (SPK) bukan merupakan alat pengambilan
keputusan, melainkan merupakan sistem yang membantu pengambil keputusan untuk
melengkapi informasi dari data yang telah diolah secara relevan dan diperlukan
untuk membuat keputusan tentang suatu masalah dengan
lebih cepat dan akurat. Sehingga sistem ini tidak dimaksudkan untuk
menggantikan pengambilan keputusan dalam proses pembuatan keputusan.
3. #SIP Konsep Dasar SIM dan SPK
a.
Konsep
dasar SIM
Selain
kita harus mengetahui definisi dari SIM, kita juga harus mengetahui dan
memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan informasi, pemakaian informasi,
dan nilai informasi. Berikut adalah konsep-konsep pokok SIM.
·
Konsep Informasi
Informasi menambahkan sesuatu pada
penyajian yaitu sehubungan dengan waktu dan mutu.
·
Konsep Manusia sebagai Pengolah
Informasi
Kemampuan manusia sebagai pengolah
informasi menentukan keterbatasan dalam sistem informasi dan mengesankan
dasar-dasar rancangan mereka.
·
Konsep Sistem
Karena sistem informas manajemen
adalah sebuah sistem, maka konsep sistem perlu untuk memahami dan merancang
ancangan pada pengembangan sistem informasi.
·
Konsep Organisasi dan Manajemen
Sistem informasi berada di dalam
sebuah organisasi dan dirancang untuk mendukung fungsi manajemen. Informasi
adalah penentu yang penting dalam bentuk keorganisasian.
·
Konsep Pengambilan Keputusan
Rancangan SIM bukan hanya harus
mencerminkan anacangan rasional terhadap optimasi, tetapi juga teori
keperilakuan pengambilan keputusan dalam organisasi.
·
Konsep Nilai Informasi
Informasi mengubah keputusan,
perubahan dalam nilai hasil akan menentukan nilai informasi. Sistem
informasi dalam perusahaan juga merupakan sistem terbuka, dimana terjadi arus
sumber daya dengan lingkungannya. Dalam informasi, data input diperoleh dari
lingkungan, misalnya informasi kenaikan pajak yang diumumkan pemerintah, dan
perubahan kurs mata uang. Semua data dari luar tersebut mengalir masuk ke dalam
sistem.
b.
Konsep
dasar SPK
Sistem pendukung keputusan yang lain
dari MIT, yaitu Peter G.W. Keen bekerja sama dengan Scott Morton telah
mendefenisikan tiga tujuan yang harus dicapai oleh sistem pendukung keputusan,
yaitu :
·
Sistem
harus dapat membantu manajer dalam membuat keputusan guna memecahkan masalah
semi terstruktur.
·
Sistem
harus dapat mendukung manajer, bukan mencoba menggantikannya.
·
Sistem
harus dapat meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan manajer.
·
Tujuan-tujuan
tersebut mengacu pada tiga prinsip dasar sistem pendukung keputusan (Kadarsah,
1998), yaitu :
1)
Struktur Masalah
Untuk masalah yang terstruktur, penyelesaian dapat dilakukan
dengan menggunakan rumus-rumus yang sesuai, sedangkan untuk masalah terstruktur
tidak dapat dikomputerisasi. Sementara itu, sistem pendukung keputusan
dikembangkan khusus untuk menyelesaikan masalah yang semi terstruktur.
2)
Dukungan Keputusan
Sistem pendukung keputusan tidak dimaksudkan untuk
menggantikan manajer, karena komputer berada di bagian terstruktur, sementara
manajer berada di bagian tidak terstruktur untuk memberikan penilaian dan
melakukan analisis. Manajer dan komputer bekerja sama sebagai sebuah tim
pemecah masalah semi terstruktur.
3)
Efektivitas Keputusan
Tujuan utama dari sistem pendukung keputusan bukanlah
mempersingkat waktu pengambilan keputusan, tetapi agar keputusan yang
dihasilkan dapat lebih baik.
4. #SIP Model SIM dan SPK
1.
Transaction Processing Systems (TPS)
2.
Office Automation Systems (OAS) dan Knowledge Work
Systems
3.
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
4.
Decision Support Systems (DSS)
5.
Sistem Ahli (ES) dan Kecerdasan Buatan (AI)
6.
Group Decision Support Systems (GDSS) dan Computer‐Support
Collaborative Work Systems (CSCW)
7.
Executive Support Systems (ESS)
5. #SIP Peranan
SIM dan SPK dalam Memecahkan Masalah
·
Sebuah organisasi pada dasarnya selalu membuat
adanya sebuah sistem yang bisa digunakan untuk mengumpulkan, mengelola,
menyimpan,melihat dan menyalurkan kembali informasi yang bersangkutan. Sebagai
contohnya adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam uasah penjualan barang,
maka jenis informasi yang diperlukan pertama kali sebelum organisasi tersebut
memasarkan barangnya adalah:
·
Informasi mengenai kebutuhan yang ada didalam
masyarakat terhadap barang yang akan dipasarkan
·
Informasi mengenai kemampuan dan daya beli
masyarakat
·
Informasi mengenai peraturan-peraturan penerimaan
yang ada hubungannya dengan barang yang akan dipasarkan
·
Informasi mengenai pe``ain, dan
· Informasi lain yang relevan
DAFTAR PUSTAKA
Turban , Efraim & Aronson, Jay E. 2001. Decision Support Systems and Intelligent Systems. 6th edition.
Prentice Hall: Upper Saddle River, NJ.
Al-fatah, H. (2007). Analisis Dan Perancangan
Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan Dan Organisasi Modern.
Yogyakarta : Penerbit Andi
Kroenke, D.M and David, A.J. (2007). Database
Concepts. 3rd ed. New York Precentice.
Solso R.L, Machlin O.H & Machlin M.K.
(2007). Psikologi Kognitif, Terjemahan : Rahardanto M. & Batuadji K.
Jakarta : Erlangga
Kusumadewi, S. (2003). Artificial
intelligence (teknik dan aplikasinya). Yogyakarta:
Graha Ilmu
Graha Ilmu