Selasa, 22 Januari 2019


#SIP APLIKASI PSIKOLOGI

Hay teman-teman semua, kali ini saya akan membahas salah satu tes psikologi yang mungkin sudah banyak teman-teman ketahui yaitu Tes kepribadian Ekstrovert dan Tes kepribadian Introvet. Sebelum teman-teman mengerjakan tes tersebut sebaiknya teman-teman tahu terlebih dahulu pengertian tentang Ekstrovert dan Introvert. Berikut ini saya akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu Ektrover dan Introvert.




INTROVERT

C.G Jung secara sederhana menjelaskan bahwa pengertian introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya. Di dalam kondisi seperti ini, seseorang yang didominasi kepribadian introvert cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan serta memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru.
Seseorang introvert sangat senang untuk melakukan aktivitas yang bersifat soliter (dapat di lakukan sendirian tanpa bantuan orang lain) seperti menulis, membaca, mengoperasikan komputer, menonton film, memancing dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kebanyakan dari seniman, komposer lagu, penulis novel, atau penemu biasanya memiliki kepribadian introvert. Mereka lebih menyukai menikmati waktu yang di habiskan sendirian, karena menurut mereka sendirian adalah hal yang menyenangkan.
Selain itu, introvert juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan analisa hal-hal rumit dan lebih mudah untuk berkonsentrasi saat memecahkan masalah. Apakah sifat pemalu juga termasuk didalam introvert? Jawabannya adalah tidak! Sifat malu tidak sama dengan introvert bukan termasuk di dalam pengertian introvert. Salah besar jika kita mengira bahwa seorang introvert adalah orang yang cenderung pemalu. Karena, orang yang introvert lebih senang untuk melakukan kegiatan sosial mereka sendiri, akan tetapi mereka tidak segan untuk melakukan interaksi sosial dengan orang lain.
Ciri Ciri Kepribadian Introvert.
Dari beberapa informasi yang terkumpul, berikut ini ada 10 ciri tipe orang introvert yang menarik dan perlu untuk kita pahami:
             1.      Pendiam dan suka menyendiri.
             2.      Introvert tidak menyukai pembicaraan yang ringan.
             3.      Introvert tidak menyukai dering handphone.
v           4.      Introvert tidak langsung membalas pesan dari seseorang
             5.      Introvert merasa keramaian membuatnya gila.
             6.      Introvert lebih nyaman untuk [hang out] dengan sedikit orang.
             7.      Introvert suka mengamati keadaan sekitar dengan sangat cermat.
             8.      Introvert cenderung suka menulis.
             9.      Introvert cukup jago dalam menebak karakter orang.
            10.  Introvert akan banyak berpikir sebelum berbicara.


EKSTROVERT

Pengertian extrovert adalah kebalikan dari introvert. Jika introvert lebih senang menyendiri, maka seseorang dengan kepribadian extrovert lebih menyukai lingkungan yang interaktif, cukup antusias dalam hal baru dan senang bergaul. Hal itu karena mereka yang memiliki kepribadian extrovert lebih didominasi dengan sifat, kondisi atau kebiasaan yang menyenangkan yang mereka temukan dari luar maupun dari dalam diri mereka sendiri. Bagi mereka, aktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, bertukar informasi dengan banyak orang dan senang bergaul adalah hal yang menyenangkan. Sebaliknya jika mereka berada dalam keadaan sendiri bagi mereka adalah sesuatu yang membosankan.
Jika kamu memiliki teman yang selalu bersemangat ketika kamu ajak main, suka mengajak kumpul bareng seperti ngopi dan selalu mendominasi perbincangan, ia cenderung dengan kepribadian extrovert. Mereka yang seperti itu adalah pencair di setiap suasana. Seorang extrovert cenderung menjadi lebih bersemangat untuk melakukan banyak hal jika mereka berada di lingkungan yang interaktif. Mereka yang extrovert biasanya lebih bisa menyesuaikan diri dan bekerja sama dengan baik dalam sebuah komunitas atau organisasi sosial.
Ciri Ciri Kepribadian Extrovert.
Berikut ini ciri-ciri dan penjelasan seseorang dengan kepribadian extrovert:
         1.      Selalu antusias dan semangat
         2.      Senang berinteraksi dan bersosialisasi
         3.      Mudah dalam bergaul
         4.      Cenderung spontan dalam bertindak / berbicara
         5.      Pandai mencairkan suasana
         6.      Menyukai popularitas dan senang menjadi pusat perhatian
         7.      Senang jadi pembicara daripada pendengar
         8.      Extrovert selalu tampil percaya diri
         9.      Terkesan sigap dan tegas
        10.  Senang bekerja kelompok dan tidak suka kesendirian

Setelah teman-teman tau apa itu Ektrovert dan Introvert berikut penjelasan melalui Flowchat tentang pengerjaan tes Ekstrovert dan Introvet secara Online.



Berikut langkah-langkah pengejaan tes Ekstrovert dan Introvert secara Online

      2.      Ketik nama depan dan nama belakang beserta alamat email lalu klik mulai
    
        


       3.      Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan kerjakan tes dengan memilih salah satu dari kedua pilihan jawaban. Kerjakan sampai 13 soal atau sampai selesai

      


        4.      Setelah selesai menjawab semua pertanyaan lalu klik jawaban saya

        


       5.      Lalu akan muncul hasil seperti contoh dibawah ini

Demikian penjelasan singkat dan cara pengerjaan tes kepribadian Ekstrovert dan Instrovert semoga dapat dipahami.

Hasil gambar untuk terima kasih gif


zahara blog's . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates